Kurang Tidur: Hati Galau, Emosi Kacau

Jum`at, 24 Agustus 2012 20:10:00 - oleh : admin
Kurang Tidur: Hati Galau, Emosi Kacau

Kurang Tidur: Hati Galau, Emosi Kacau




Anda sering marah-marah tanpa sebab? Jangan selalu menyalahkan PMS (Premenstrual syndrome) yang ditandai dengan perubahan emosi sebelum menstruasi. Bisa jadi, Anda marah dan emosi tanpa sebab karena kurang tidur. Waspadai gejala kurang tidur yang satu ini karena lebih sering terjadi pada wanita.


Merasa frustasi, murung, mengeluh, mudah marah adalah efek samping dari kurang tidur. Hal ini telah terbukti dalam penelitian. Mereka yang mengantuk karena kurang tidur akan menyalahkan orang lain pada hal-hal yang telah terjadi. Dalam kondisi yang sama, seseorang cenderung memikirkan balas dendam jika tidak diberi kenaikan gaji. Kurang tidur juga mempengaruhi hubungan Anda dan pasangan/suami, juga terhadap orang-orang di kantor.


Ketika seseorang mengantuk, mereka cenderung berpikir mengenai sebuah peristiwa atau kejadian di luar kehendak mereka. Mereka juga berpikir bagaimana caranya agar situasi menjadi lebih baik. Sehingga, mereka yang kurang tidur cenderung menyalahkan orang lain dan ingin membalas dendam, tergantung bagaimana sebuah situasi mempengaruhi mereka. Itulah hasil kesimpulan para peneliti dari University of Arkansas di Little Rock dilansir oleh Merusdailyinsights.


"Mengantuk dapat menyebabkan kecelakaan dan membuat penilaian buruk pada orang lain," ujar David Mastin, kepala penelitian sekaligus profesor psikologi dari University of Arkansas. Mengantuk akibat kurang tidur mempengaruhi kondisi motorik seseorang. Mengemudi dalam keadaan mengantuk sama bahayanya dengan kondisi mabuk. Dalam segi emosi, mengantuk akan membuat seseorang memberi label negatif pada orang lain. Termasuk turunnya konsentrasi.


Mulai sekarang, jangan abaikan jam tidur. Istirahatkan tubuh dan pikiran Anda dengan baik. Jangan sampai Anda memarahi seseorang hanya karena Anda sedang mengantuk.,,


 


sumber ; artikelkesehatan.com

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Tips Kesehatan" Lainnya

Asma'ul Husna

Pesan Singkat Anda

Team Support

Supeno

Indra Saksono

 

 CALL / SMS :

Cik Noi: 0813 5980 2025

Bp.Sugeng: 0812 3351 6187

Ibu Hanik: 0856 0871 4373

Bp.Nawawi: 0813 3531 9772

Bp.Mukhson:0851 02791925

Sdr.Masruchin:085232278474

 

Gabung Di Facebook

Kajian Islami

PELUANG JADI PENGUSAHA

iklan adsense