Pendidikan Usia Dini

 

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

 

 

 Adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal, non formal dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan  pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik (Koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komonikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Ada 2 tujuan diselenggarakannya pendidikan usia dini yaitu :

 

 Tujuan Utama : untuk membenuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh da berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengaharungi kehidupan pada masa dewasa.

Tujuan kedua : Untuk membantu mempersiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah. Rentangan anak usia dini menurut pasal 28 UU sisdiknas no.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun, sementara di beberapa Negara lain umur 0-8 tahun.

 

Ruang lingkup PAUD :

 

*  Infant  ( 0-1 tahun)

*  Toddler ( 2-3 tahun )

*  Pres chooly / kindergarden children ( 3-6 tahun )

*  Early Primary School (SD kelas awal 6-8 tahun )

 

Yayasan "KamiSayangKamu" ingin berperan aktif di dalam usaha membentuk dan mempersiapkan generasi bangsa tercinta ini. Dengan itu kami mempunyai planning ke depan akan membangun gedung sendiri untuk sebagai tempat menggodok tunas bangsa yang siap menghadapi zamannya.

 

Jika bapak/Ibu/Sdr. Ingin ikut berpartisipasi mewujudkan impian mulia diatas kami siap menampung sumbangan/infaq Bpk/Ibu/Sdr. Dengan dana yang terkumpul diharapkan bisa cepat terwujud cita-cita kita bersama. Bpk/Ibu/Saudara bisa menyalurkan di salah satu Bank di bawah ini :

 

 Klik Di bawah Untuk Menderma

 

 

 

Semoga sumbangan yang bpk/ibu/sdr . hulurkan bisa menjadi  amal yang mulia, menjadi pohon amal yang lebat untuk di petik buah nikmatnya di akherat. Amin